Yuk Intip Kreativitas Siswa-Siswi SMPN 1 Bangsal Mengolah Sampah Menjadi Pot Bunga

Sampah menjadi permasalahan serius yang dihadapi banyak orang. Semakin hari, sampah organik maupun anorganik terus bertambah jumlahnya. Begitu pun di SMP Negeri 1 Bangsal. Sehingga, diperlukan kreativitas untuk bisa mengatasi permasalahan sampah ini.

Penerapan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Konsep ini memiliki inti yakni Reuse (Menggunakan kembali sampah sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainnya), Reduce (Mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah), Recycle (Mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat). Konsep 3R dapat dijadikan solusi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan cara yang sangat mudah dan murah.

Sumber : dokumen pribadi SMPN 1 Bangsal

Sampah yang diolah dapat dijadikan sebagai sesuatu yang berguna, misalnya sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik bisa dijadikan hiasan-hiasan.

Di SMP Negeri 1 Bangsal, pengolahan sampah sudah dilakukan oleh siswa-siswinya. Mereka begitu antusias mengolah sampah botol plastik menjadi berbagai hiasan. Seperti yang dilakukan salah satu siswi, ia menyulap botol plastik menjadi pot bunga.

Sumber : dokumen pribadi SMPN 1 Bangsal

Pot bunga hasil karya siswi SMP Negeri 1 Bangsal pun dimanfaatkan menjadi pot bunga di taman sekolah. Sehingga sampah yang awalnya tampak kotor dan tidak berguna, sekarang berubah menjadi pot cantik.

Yuk mulai perubahan sederhana dari diri kita karena sebuah perubahan besar selalu diawali sesuatu yang sederhana.